Jumat, 09 Desember 2011

Perintah IPCONFIG

IPCONFIG merupakan perintah yang  bukan baru bagi sebagian orang, namun ternyata masih banyak yang belum mengenal IPCONFIG. Apa itu IPCONFIG? Dan apa fungsinya menggunakan IPCONFIG?

Menurut manual Microsoft Windows XP, IPCONFIG adalah utility untuk menampilkan konfigurasi TCP/IP pada network Anda dan untuk merefresh setting DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) dan DNS (Domain Name System). Jika dijalankan tanpa menggunakan parameter, IPCONFIG akan menampilkan IP address, subnet mask dan default gateway untuk semua network adapter di komputer Anda.
Sintaks:
ipconfig [/all] [/renew [Adapter]] [/release [Adapter]] [/flushdns] [/displaydns] [/registerdns] [/showclassid Adapter] [/setclassid Adapter [ClassID]]
Menampilkan Konfigurasi TCP/IP
Untuk menampilkan konfigurasi lengkap untuk semua network adapter Anda, gunakan parameter /all. Contoh:
ipconfig /all


Dari informasi pada contoh tersebut, maka IP addres komputer Anda adalah 192.168.1.3 (lokal) dengan subnet mask 255.255.255.0, Anda tidak menggunakan DHCP, dan default gateway 192.168.1.1.
Menampilkan DNS client resolver cache
Setiap Windows mengenali host baru dan mendapatkan IP addressnya, Windows meletakkan data tersebut di sebuah tempat sementara bernama DNS client resolver cache. Untuk menampilkan apa saja yang tersimpan di sana, gunakan parameter /displaydns.
 
ipconfig /displaydns



Membuang DNS client resolver cache
Untuk menghapus isi DNS client resolver cache, khususnya jika Anda sering menemukan pesan ‘Server not found’ atau Socket Error 11001 atau 11004 padahal Anda tahu bahwa alamat host server tersebut benar, gunakan parameter /flushdns.
ipconfig /flushdns


Kemudian periksa kembali dengan parameter /displaydns.

Repair setting DHCP
Jika Anda menggunakan DHCP atau dynamic IP address dan ingin menghapus settingnya tanpa harus restart/reboot komputer, gunakan parameter /release [adapter]. Ganti [adapter] dengan nama adapter yang Anda gunakan. Jika tidak menggunakan [adapter], IPCONFIG akan merepair network adapter default. Contoh:
ipconfig /release "LAN Connection"
Kemudian gunakan parameter /renew untuk mengambil konfigurasi DHCP. Contoh:
ipconfig /renew "LAN Connection"
Menampilkan Help
Masih bingung juga? Gunakan jurus pamungkas, yaitu menampilkan HELP dengan menggunakan parameter /?. Contoh:
ipconfig /?
Jika Anda tertarik mempelajari lebih lanjut, silakan baca dokumentasi produk Microsoft Windows XP Professional atau baca Help di sistem Windows XP Anda.
Penting!
•    IPCONFIG hanya ada di sistem Windows XP/2003/Vista, untuk Windows 9x/ME gunakan WINIPCFG.
Referensi
Microsoft Windows XP – Ipconfig. Microsoft Windows XP Professional Product Documentation
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads